Rakyat Magz

Media Online Aggregator Indonesia

Oktober 3, 2022

Kabupaten Lombok Timur letaknya berbatasan dengan Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah di sebelah barat, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Alas dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa.

Kabupaten Lombok Timur secara administratif terbagi jadi 20 kecamatan, 96 desa serta 13 kelurahan.

Lombok Timur pariwisatanya lebih didominasi oleh jenis wisata alam seperti pantai serta daerah pegunungan. Tak hanya wisata alam, Lombok Timur juga terkenal memiliki wisata kuliner yang menarik.

Makanan khas Lombok Timur kelezatannya tak hanya terkenal di daerah Lombok saja, tapi juga seluruh Indonesia, seperti ayam taliwang. Berikut ini beberapa makanan dari Lombok timur.

1. Serabi Santan

Sumber: gofood.co.id

Serabi adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari karena rasanya yang lezat. Di daerah Lombok Timur juga terdapat jenis serabi, yaitu serabi santan. Penambahan santan membuat rasa kue serabi ini jadi gurih sehingga tanpa diberi campuran yang lainnya, kue serabi ini terasa lezat dan gurih.

Untuk penyuka serabi yang manis, tinggal pesan saja karena penjual serabi di Lombok Timur tak hanya menjual serabi gurih saja, tapi juga serabi yang rasanya manis. Jika kamu pesan kue serabi yang bagian atasnya setengah matang, kamu akan merasakan rasa santan yang masih segar.

Untuk kamu yang sedang berjalan-jalan di Kota Selong, kamu dapat menemukan kue serabi ini dijual di barat ataupun selatan dari lapangan nasional Selong. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kue serabi ini di pasar-pasar tradisional yang penjualnya umumnya akan mulai berjualan sejak pagi hari.

2. Ayam Rarang

Ayam RarangSumber: ntb.idntimes.com

Salah satu makanan khas Lombok Timur ini bahan dasarnya adalah ayam dan makanan ini sudah sangat terkenal. Nama makanannya adalah ayam rarang. Makanan ini adalah kuliner ikonik dari Lombok dan kamu tak boleh melewatkannya saat berkunjung ke tempat ini.

Ayam rarang bahannya menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan cara digoreng terlebih dulu sebelum dihidangkan.

Makanan ini merupakan makanan khas yang asalnya dari daerah Rarang, yaitu sebuah desa yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Rasa pedas yang dimiliki ayam rarang mencerminkan ciri khas dari makanan Lombok.

Makanan berbahan ayam yang dibalur dengan bumbu sambal serta cabai rawit ini membuat makanan tersebut sekilas tampak sangat pedas. Namun, saat mencoba ayam rarang, rasa ayamnya tak sepedas seperti kelihatannya.

3. Sate Bulayak

Sate BulayakSumber: kate.id

Kalau kamu suka dengan kuliner sate, jangan lewatkan sate yang satu ini saat kamu berlibur ke daerah Lombok. Dibandingkan dengan sate-sate lain di Indonesia, sate khas Lombok ini berbeda.

Sate bulayak umumnya disantap bersama dengan lontong yang berbentuk memanjang serta dibungkus daun yang memutar sehingga untuk membuka lontong ini harus dengan cara diputar juga.

Sate bulayak bahan dasarnya adalah daging sapi pilihan yang telah dilumuri dengan bumbu khas Sasak. Cara menyantap makanan ini adalah dengan mencocol bulayak pada bumbu satenya. Makanan yang lezat ini bisa kamu temukan di daerah objek wisata terkenal di Kota Lombok.

4. Bantal

BantalSumber: liputan6.com

Makanan khas Lombok Timur ini namanya unik karena sama dengan barang yang biasa dijadikan sebagai alas kepala saat tidur. Ya, bantal adalah jajanan dari Lombok yang umumnya disantap ketika berbuka puasa.

Sajian ini merupakan makanan khas Lombok Timur yang dibuat dari beras ketan. Makanan tradisional ini diberi nama bantal karena bentuknya mirip dengan alas kepala untuk tidur.

Biasanya warga Lombok akan membuat kue bantal ini untuk menu berbuka puasa. Selain itu, bantal juga bisa dijadikan sebagai camilan untuk menemani mereka ketika tadarus Al-Qur’an.

Kue bantal ini bahannya adalah ketan dan diberi tambahan pisang. Selanjutnya bahan tersebut dibungkus untuk kemudian dimasak dalam panci yang berisi air panas.

Adonan kue bantal, sebelum dimasak, terlebih dahulu dibentuk memakai cetakan yang terbuat dari daun aren yang bentuknya kubus. Namun sayang sekali sekarang makanan khas Lombok Timur ini sudah sulit ditemukan di daerah ini.

5. Sate Rembiga

Sate RembigaSumber: celebrities.id

Daerah Lombok memiliki jenis sate lain selain sate bulayak. Makanan yang satu ini tak boleh kamu lewatkan saat bertandang ke Lombok.

Namanya adalah sate rembiga yang merupakan jenis sate dengan bahannya daging sapi yang diberi bumbu dengan rasa yang manis, gurih, serta pedas. Awal mula sate rembiga ini berasal dari desa yang bernama Desa Rembiga.

Letak desa ini dekat dengan Bandara Selaparang. Jika ingin mencoba sate rembiga, kamu bisa berkunjung ke Jalan Dakota. Di sini ada Warung Rembiga yang menurut kabar telah berdiri semenjak lebih dari 25 tahun. Selain di Warung Rembiga, kamu juga bisa menemukan makanan ini dijual di tempat-tempat wisata yang ada di Lombok.

Baca juga: 10 Jajanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba Saat Anda ke Sana

6. Nasi Kotaraja

Nasi KotarajaSumber: koranntb.com

Melihat tampilan nasi ini mungkin kamu akan bertanya apa yang spesial dari makanan khas Lombok Timur ini? Memang dari segi penampilan, nasi kotaraja ini terlihat tak begitu menggairahkan, tapi jangan ragukan rasanya karena kamu bisa jadi ketagihan.

Ini karena masyarakat dari luar Lombok yang sudah mencicipi makanan ini mengakui kelezatan dari nasi kotaraja. Nasi kotaraja merupakan nasi putih hangat yang ditambah kuah khusus lalu dihidangkan dengan lauk pauk yang terdiri dari jangan rarit serta sambal sebie.


———————————-

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website keluyuran.com. Situs ini adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita).”